Search This Blog

Powered by Blogger.

Berita

Unik Dan Aneh

Hiburan

Berita Terbaru

Video

You are here

Menguak Sejarah Kelam Rakyat Kamboja

ErtigaNews -Tanggal 17 April 1975 menjadi hari yang bersejarah bagi masyarakat Kamboja. Mereka merayakan lahirnya seorang pemimpin baru yang akan membawa perubahan besar bagi Kamboja. Seorang pemimpin bernama Saloth Sar, atau yang lebih dikenal dengan nama Pol Pot, memproklamasikan kepemimpinan baru menggantikan pemerintahan sebelumnya yang dianggap sangat korup dan lemah dalam mengambil kebijakan.
Pemerintahan yang dipimpin oleh Lon Nol dianggap oleh Pol Pot tidak memiliki kekuatan, dan ia ingin membuktikan cara terbaik yang harus diterapkan bagi rakyat Kamboja. Pol Pot menyebut kepemimpinannya sebagai Hari Pembebasan yang akan membuat Kamboja lebih berkembang, maju, dan bebas.
Namun rakyat Kamboja salah mengira “Hari Pembebasan” yang ingin diterapkan oleh Pol Pot tidak seindah yang mereka bayangkan. Sejak jatuhnya rezim pemerintahan Lon Nol, kegelapan mulai bergerak menerkam negeri itu. Pol Pot ternyata lebih buruk, dan lebih kejam dibandingkan pemimpin sebelumnya. Terlambat bagi rakyat Kamboja untuk menyesali keputusan mereka menjadikan Pol Pot sebagai pemimpin mereka.
Sejak awal pemerintahannya, Pol Pot telah menunjukkan keperkasaannya dengan melakukan berbagai praktik kekejaman. Segala keputusannya telah jauh dari nilai-nilai kemanusiaan. Kebijakan pemerintahan Pol Pot yang paling utama adalah membuat Kamboja baru. Sehingga ia melakukan serangkaian pembantaian, yang telah menghilangkan nyawa jutaan rakyat di seluruh wilayah Kamboja, demi rakyat baru yang lebih berkualitas.
Pemerintahan Pol Pot yang terkenal dengan nama rezim Khmer Merah telah membuat Kamboja berlumuran darah. Perang sipil terjadi sejak Pol Pot berkuasa dari tahun 1975 sampai 1979. Pemimpin komunis itu melakukan pembantaian terhadap orang-orang yang dianggap pro terhadap pemerintahan Lon Nol.
Kurang lebih ada sekitar 343 kamp penyiksaan di seluruh wilayah Kamboja yang dipilih untuk tempat melakukan pembantaian. Salah satunya yang paling terkenal adalah Kamp Choeung Ek. Lokasi itu dijadikan tempat penyiksaan untuk orang-orang yang memiliki pengetahuan yang luas, kemampuan komunikasi yang hebat, dan berpendidikan tinggi. Mereka dianggap sebagai orang yang akan menghambat pemerintahan Khmer Merah.
Pol Pot menuduh para intelektual itu sebagai bagian dari pemerintahan Lon Nol yang masih berkeliaran dan akan sangat mengganggu. Kekejaman Pol Pot terhadap para kaum terpelajar itu terlihat dari cara ia membunuh mereka. Di lokasi pembantaian konon dipasang sebuah pengeras suara yang akan dihidupkan ketika mulai melakukan penyiksaan agar suara rintihan para korban tidak terdengar.
Pemerintahan Pol Pot berhasil diakhiri pada 7 Januari 1979 setelah serangkaian pemberontakan tidak lagi dapat dibendung oleh pasukan Khmer Merah. Rakyat Kamboja bersatu menentang kekejaman yang telah dilakukan Khmer Merah selama bertahun-tahun. Rakyat Kamboja di seluruh penjuru negeri merayakan kebebasannya dengan suka cita.
Sumber: Elga, A. Yusrianto. 2014. Kisah-Kisah Pembantaian Kejam dalam Peperangan Dunia. Yogyakarta: Palapa.

udin

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments:

Leave a Reply

Labels

Aksi Teror Setelah Vonis Mati Aman Abdurrahman Amerika Serikat anak Argentina Artis Asmara balita Baru bencana Berbahaya Berita Berita Terkini berkebutuhan Bersejarah Bertemu Bocah 3 Tahun Bocah sekolah dasar Bola Buaya Budaya Bulu Tangkis Calon Gubernur Cantik Cerita China Cinta Sejati Ciptakan Citilink Co Pilot Cristiano Ronaldo Dalam Negeri Dana Danau Toba Dani Pedrosa Death Conspiracy Djartot Donal Trump Dunia Kesehatan Ekonomi Fase Group Feature Film Genosida guru Hat-Trick Hewan Peliharaan Hiburan Hidung Hollywood Hubungan Ibu Menggantung Bayinya di Tiang Kereta MRT Ikan Mirip Burung ilustrasi Imajinasi Imbang Indonesia Inggris Inspirasi Instagram Islandia Italia Jakarta jerawat Jorge Lorenzo Julen Lopetegui karawang Kebiasaan kecelakaan Kehidupan Kejadian Kejahatan Kekerasan Keluarga Kematian Kesaksiannya Viral Kesehatan Khusus Kim Jong un Kisah Konflik Kontroversi Korea Utara Korupsi Kreatifitas Kriminal KRL Kuno Labuan Bajo Lintah Lionel Messi Luar Negeri Lucu Malaysia Mancanegara Manusia dan Buaya Betina Marc Marquez Mendunia Merinding Messi mesum Minum Misteri Mitos Monas MotoGP Movitasi Nasional Negara Neymar Olahraga Pantai Selatan Papua Pelatih Pembunuhan Pemerkosaan Perancis Peristiwa Persugihan Pesawat Piala Dunia Piala Dunia 2018 PIlkada 2018 Poker Politik Prabowo Prancis presiden Psikologi Rafael Marquez Ratu Real Madrid Remaja Resmi Ronaldo Sejarah Sejarah Dunia Sejoli Selebriti Seniman Dunia Sihar sitorus Soeharto sosok Sultra Sumatera Utara tanggerang Teman Tempat Bersejarah Tempat Rekreasi Tempat Wisata tenggelam Terkini teror Tokoh Tragedi Tragis Turis Ubur Ubur Ular unik Unik Dan Aneh Urine Valentino Rossi Viral wanita Wanita di Jambi Ini Ngaku Melahirkan Bayi Kembar Wisata

Total Pageviews

Livechat