Search This Blog

Powered by Blogger.

Berita

Unik Dan Aneh

Hiburan

Berita Terbaru

Video

You are here

Heboh Bocah Menikah Diusia Belia, Inilah Alasan Pengadilan Agama Mengabulkan Tuntutan Dua Siswa SMP Yang Terbuai Cinta



Beberapa waktu yang lalu publik dihebohkan dengan pernikahan belia bocah SMP yang berasal dari Bantaeng,Sulawesi Selatan.

Mereka memilih untuk melepaskan masa remaja mereka dan menikah diusia muda.usia masing-masing pasangan belia yang dimabuk cinta ini adalah pengantin pria yang baru berusia 15 tahun 10 bulan sedangkan pengantin wanitanya baru berusia setahun lebih muda dari pengantin prianya yaitu 14 tahun 9 bulan.

Umur yang terbilang belum cukup dalam peraturan Undang-undang negara.mereka pun juga telah mendaftarkan perkawinan mereka itu ke KUA setempat dikecamatan Bantaeng, serta mengikuti Bimbingan Perkawinan (Bimwin),pada hari Kamis kemarin.




Penghulu Fungsional pada KUA kecamatan Bantaeng,Syarif Hidayat mengaku baru pertama kali ini memeriksa berkas Pengantin Muda yang masih berusia belia ini.

"Ini pertamakalinya saya dapat ada Catin semuda ini. Usianya kan biasa nanti diatas yang dipersyaratkan, apalagi ini dua-duanya sangat muda," ujarnya.

Dia menyebutkan, karena usianya yang belum memenuhi syarat itu, pihak KUA setempat sempat menolak dengan mengeluarkan blanko N9 (penolakan pencatatan).


Lantas bagaimanakah aturan untuk menikah muda di bawah umur.
Dikutib di situs hukumonline.com mengatakan suatu perkawinan adalah sah bila dilakukan berdasarkan ketentuan agama dan kepercayaannya masing-masing sebagaimana disebutkan dalam Pasal 2 ayat (1) UU No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan (“UUP”).


Kemudian mengenai umur orang yang akan kawin, di dalam ketentuan Pasal 7 ayat (1) UUP disebutkan bahwa Perkawinan hanya diizinkan jika pihak pria sudah mencapai umur 19 (sembilan belas) tahun dan pihak wanita sudah mencapai umur 16 (enam belas) tahun.Berdasarkan ketentuan pasal tersebut, maka yang dimaksud dengan perkawinan di bawah umur adalah 

Perkawinan yang dilakukan sebelum usia 19 tahun bagi laki-laki dan sebelum usia 16 tahun bagi perempuan.Tujuan dari ditetapkannya batasan umur ini adalah untuk menjaga kesehatan suami-isteri dan keturunan (penjelasan Pasal 7 ayat [1] UUP).Lalu, bagaimana bila tetap ingin melaksanakan perkawinan jika umur salah satu atau kedua calon mempelainya di bawah ketentuan yang dibolehkan UUP?

Untuk melaksanakan hal tersebut, maka kedua orang tua laki-laki maupun kedua orang tua perempuan dapat meminta dispensasi atas ketentuan umur kepada Pengadilan Agama bagi yang beragama Islam dan Pengadilan Negeri bagi yang non-Islam (Pasal 7 ayat [2] UUP jo.
Pasal 1 huruf b PP No. 9 Tahun 1975 tentang Pelaksanaan UU No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan).


Pengajuan dispensasi tersebut diajukan ke Pengadilan sesuai wilayah tempat tinggal pemohon.

Jadi, peraturan perundang-undangan yang mengatur terkait batasan umur seseorang untuk melaksanakan perkawinan adalah UUP dan PP 9/1975.



Karena pengajuan nikah ditolak, Pasangan muda di Bantaeng itu mengajukan permohonan dispensasi ke Pengadilan Agama Bantaeng dan permohonannya dikabulkan.
"Sempat ditolak, karena usia keduanya masih belum cukup. 


Tapi rupanya mengajukan dispensasi dan disetujui oleh Pengadilan Agama," tambahnya.
Karena dispensasi itu, tidak ada lagi alasan pihak KUA untuk menolak permohonan pernikahan kedua sejoli yang tengah dimabuk cinta itu.

Alasanya Nikah Muda



Syarif pun menggali informasi dari keduanya atas keinginan kuat membangun bahtera rumah tangga itu, namun tidak terdapat kejanggalan.

Bukan karena dijodohkan ataupun si wanita tengah berbadan dua, tapi memang keinginan kuat keduanya, ditambah sang wanita yang diketahui takut tidur sendiri.


"Dari informasi tantenya. Anak ini takut tidur sendiri, karena ibunya meninggal setahun lalu dan ayahnya yang kerap keluar daerah karena urusan kerjaan," tuturnya.

Padahal wanita ini diketahui masih duduk di kelas 2 SMP, bahkan dikenal berprestasi oleh teman sekelasnya.

Ketika cinta sudah tak tertahankan apapun yang menghalangi akan dengan mudah dihadapi,tapi bagaimanapun juga mereka masih belia dan masih mempunyai masa depan yang panjang.namun pasangan belia yang sudah dimabuk cinta ini lebih memilih untuk memulai biduk rumah tangga mereka sedari dini.wah memang benar yah pribahasa "Jika Cinta Itu Memang Buta".

Berita heboh ini seketika menjadi viral sekaligus membuat orang tertawa geli namun tak sedikit pula yang beranggapan bahwa kejadian ini miris.




























Unknown

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments:

Leave a Reply

Labels

Aksi Teror Setelah Vonis Mati Aman Abdurrahman Amerika Serikat anak Argentina Artis Asmara balita Baru bencana Berbahaya Berita Berita Terkini berkebutuhan Bersejarah Bertemu Bocah 3 Tahun Bocah sekolah dasar Bola Buaya Budaya Bulu Tangkis Calon Gubernur Cantik Cerita China Cinta Sejati Ciptakan Citilink Co Pilot Cristiano Ronaldo Dalam Negeri Dana Danau Toba Dani Pedrosa Death Conspiracy Djartot Donal Trump Dunia Kesehatan Ekonomi Fase Group Feature Film Genosida guru Hat-Trick Hewan Peliharaan Hiburan Hidung Hollywood Hubungan Ibu Menggantung Bayinya di Tiang Kereta MRT Ikan Mirip Burung ilustrasi Imajinasi Imbang Indonesia Inggris Inspirasi Instagram Islandia Italia Jakarta jerawat Jorge Lorenzo Julen Lopetegui karawang Kebiasaan kecelakaan Kehidupan Kejadian Kejahatan Kekerasan Keluarga Kematian Kesaksiannya Viral Kesehatan Khusus Kim Jong un Kisah Konflik Kontroversi Korea Utara Korupsi Kreatifitas Kriminal KRL Kuno Labuan Bajo Lintah Lionel Messi Luar Negeri Lucu Malaysia Mancanegara Manusia dan Buaya Betina Marc Marquez Mendunia Merinding Messi mesum Minum Misteri Mitos Monas MotoGP Movitasi Nasional Negara Neymar Olahraga Pantai Selatan Papua Pelatih Pembunuhan Pemerkosaan Perancis Peristiwa Persugihan Pesawat Piala Dunia Piala Dunia 2018 PIlkada 2018 Poker Politik Prabowo Prancis presiden Psikologi Rafael Marquez Ratu Real Madrid Remaja Resmi Ronaldo Sejarah Sejarah Dunia Sejoli Selebriti Seniman Dunia Sihar sitorus Soeharto sosok Sultra Sumatera Utara tanggerang Teman Tempat Bersejarah Tempat Rekreasi Tempat Wisata tenggelam Terkini teror Tokoh Tragedi Tragis Turis Ubur Ubur Ular unik Unik Dan Aneh Urine Valentino Rossi Viral wanita Wanita di Jambi Ini Ngaku Melahirkan Bayi Kembar Wisata

Total Pageviews

Livechat