Search This Blog

Powered by Blogger.

Berita

Unik Dan Aneh

Hiburan

Berita Terbaru

Video

You are here

4 Aktivis Hak Asasi Manusia Tanah Air Yang Terbunuh Dan Kematiannya Masih Menjadi Misteri


Related image

















Kehadiran sosok aktivis diyakini sebagai suatu bentuk untuk memperjuangkan Hak Asasi Manusia,dalam jerih payah mereka dalam mempertahankan hak yang harusnya dimiliki setiap orang bahkan mereka tak takut untuk mati,sayangnya jerih payah mereka dalam memperjuangkan hak asasi manusia tidak dibarengi dengan hal manis,mereka dibunuh akibat sebuah konspirasi daripada pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.






Menjadi seorang aktivis bukanlah perkara gampang. Pertama, mereka berjuang melawan sesuatu yang berkuasa. Bisa lembaga pemerintah atau perusahaan yang memiliki pengaruh sangat besar. Kedua, nyawa adalah taruhannya. Menjadi aktivis kemanusiaan atau pun lingkungan pasti tak luput dari banyak masalah. Seperti bentrok dengan pihak yang “berkepentingan”. Jika aktivis ini sangat berani, pihak-pihak yang merasa sangat dirugikan pasti akan mengambil solusi paling mudah berikut ini adalah sederet aktivis tanah air yang berjuang hingga hayatnya,dan kematiannya masih menjadi misteri tentang siapa yang membunuh mereka :

1.Salim Kancil ( Lumajang, Indonesia 22 April 1969 - Selok Awar-Awar,Indonesia 26 September 2015 )

Image result for salim kancil

Salim Kancil adalah petani yang juga merupakan aktivis lingkungan di Lumajang, Jawa Timur. Beberapa hari yang lalu, ia ditemukan tewas dengan keadaan mengenaskan di desanya. Kepalanya mendapatkan luka hantaman batu dan juga bekas gergajian. Selama ini Salim Kancil memperjuangkan
lingkungannya dengan menolak adanya penambangan pasir.


Image result for salim kancil

Sebenarnya ia telah melapor kepada pihak Kepolisian atas adanya ancaman. Namun pihak terkait tak juga memberikan perlindungan kepada korban. Akibatnya, Salim dikeroyok belasan orang dan tak bisa melakukan apa-apa. 

Related image

Pun kejadian ini dilakukan di siang hari dan dilihat warga yang juga selalu diancam. Komnas HAM sedang melakukan penyelidikan untuk mengetahui siapa dalang di balik aksi keji ini.

2.Munir Said Thalib ( Malang,Indonesia 8 Desember 1965 - Meninggal pada saat penerbangan tujuan Amsterdam,7 September 2004 )

Image result for munir aktivis

Kematian Munir akibat diracun zat arsenik menjadi isu yang meledak di Indonesia. Bahkan dunia internasional menyorot kematian aktivis HAM ini. Sampai sekarang motif kematian dari Munir tak juga jelas. Seperti sengaja ditutup-tutupi dan tak dibuka secara gamblang. 

Image result for munir aktivis

Namun dari beberapa dugaan yang muncul, Munir dibunuh karena ia memiliki dokumen pembantaian di Talang Sari, Lampung tahun 1989, lalu penculikan aktivis 1998, referendum Timor Timur, hingga kampanye hitam di pemilu 2004.

Image result for munir aktivis

Istri Munir, Suciwati menyakini jika suaminya adalah orang penting yang bisa membahayakan “orang berkepentingan”. Akhirnya ia dibunuh agar kasus yang Munir ketahui tak dibuka dan menjadi masalah baru. Selain itu ada dugaan juga kematian Munir berhubungan dengan pemberantasan terorisme. Beliau selalu menanyakan perihal HAM para pelaku teror yang tak diperhitungkan BIN dan Detasemen Antiteror.

3.Marsinah ( Nganjuk,Indonesia 10 April 1969 - 8 May 1993 )

Image result for marsinah

Marsinah adalah aktivis buruh yang meninggal dengan sangat mengenaskan sekitar tahun 1993. Ia dibunuh oleh orang yang tak dikenal akibat perjuangannya dalam memperjuangkan nasib buruh. Ia berada di garda depan meski usianya masih sangat muda untuk menuntut perbaikan upah buruh yang sudah ditetapkan oleh Gubernur Jawa Timur saat itu.

Image result for marsinah meninggal

Namun sayang, apa yang dilakukan oleh Marsinah tak berbuah manis. Ia dianggap sebagai pembangkang dan wajib dimusnahkan agar kepentingan pihak pabrik berjalan dengan baik. 

Related image

Kasus Marsinah menjadi simbol perlindungan akan HAM di Indonesia masih sangat rendah. Bahkan bisa dibilang tak ada sama sekali. Terutama bagi rakyat kecil.

























































































































Unknown

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments:

Leave a Reply

Labels

Aksi Teror Setelah Vonis Mati Aman Abdurrahman Amerika Serikat anak Argentina Artis Asmara balita Baru bencana Berbahaya Berita Berita Terkini berkebutuhan Bersejarah Bertemu Bocah 3 Tahun Bocah sekolah dasar Bola Buaya Budaya Bulu Tangkis Calon Gubernur Cantik Cerita China Cinta Sejati Ciptakan Citilink Co Pilot Cristiano Ronaldo Dalam Negeri Dana Danau Toba Dani Pedrosa Death Conspiracy Djartot Donal Trump Dunia Kesehatan Ekonomi Fase Group Feature Film Genosida guru Hat-Trick Hewan Peliharaan Hiburan Hidung Hollywood Hubungan Ibu Menggantung Bayinya di Tiang Kereta MRT Ikan Mirip Burung ilustrasi Imajinasi Imbang Indonesia Inggris Inspirasi Instagram Islandia Italia Jakarta jerawat Jorge Lorenzo Julen Lopetegui karawang Kebiasaan kecelakaan Kehidupan Kejadian Kejahatan Kekerasan Keluarga Kematian Kesaksiannya Viral Kesehatan Khusus Kim Jong un Kisah Konflik Kontroversi Korea Utara Korupsi Kreatifitas Kriminal KRL Kuno Labuan Bajo Lintah Lionel Messi Luar Negeri Lucu Malaysia Mancanegara Manusia dan Buaya Betina Marc Marquez Mendunia Merinding Messi mesum Minum Misteri Mitos Monas MotoGP Movitasi Nasional Negara Neymar Olahraga Pantai Selatan Papua Pelatih Pembunuhan Pemerkosaan Perancis Peristiwa Persugihan Pesawat Piala Dunia Piala Dunia 2018 PIlkada 2018 Poker Politik Prabowo Prancis presiden Psikologi Rafael Marquez Ratu Real Madrid Remaja Resmi Ronaldo Sejarah Sejarah Dunia Sejoli Selebriti Seniman Dunia Sihar sitorus Soeharto sosok Sultra Sumatera Utara tanggerang Teman Tempat Bersejarah Tempat Rekreasi Tempat Wisata tenggelam Terkini teror Tokoh Tragedi Tragis Turis Ubur Ubur Ular unik Unik Dan Aneh Urine Valentino Rossi Viral wanita Wanita di Jambi Ini Ngaku Melahirkan Bayi Kembar Wisata

Total Pageviews

Livechat